Batu Ginjal, Penyebab, Ciri-Ciri dan Bahaya

Batu Ginjal, Penyebab, Ciri-Ciri dan BahayaBatu Ginjal, Penyebab, Ciri-Ciri dan Bahaya – Batu ginjal merupakan suatu massa keras berbentuk batu yang terbentuk dari zat-zat limbah seperti mineral dan asam garam di dalam darah yang disaring oleh ginjal lalu kemudian mengendap dan mengkristal seiring berjalannya waktu. Ukuran batu ginjal itu bervariasi, tergantung berapa lama batu ginjal itu ada didalam tubuh. Batu ginjal bisa sangat menyakitkan, tetapi tidak menimbulkan kerusakan yang permanen bagi tubuh.

Batu ginjal terbentuk ketika terjadi penurunan jumlah urine yang dikeluarkan dan atau kelebihan zat pembentuk urin. Hal itu disebabkan karena seseorang sering menahan kencing terlalu lama, atau terlalu banyak meminum susu. Perlu anda ketahui, kalau Zat pembentuk utama batu ginjal adalah kalsium, oksalat atau fosfat. senyawa kimia lain yang dapat membentuk batu dalam saluran kemih magnesium amonium fosfat dan asam amino sistein.

Batu ginjal adalah salah satu gangguan yang paling umum dalam saluran kemih. Jika batu tersebut terdapat di dalam saluran kemih, maka batu tersebut akan memblokir / menghalangi aliran air kencing, hal ini akan menyebabkan rasa sakit yang hebat dan menyebabkan pendarahan. Siapapun dapat terkena batu ginjal, tapi batu ginjal lebih sering dialami oleh pria dibandingkan wanita.

Penyebab Batu Ginjal

Seperti yang telah disebutkan diatas, kalau batu ginjal terbentuk ketika zat dalam urine seperti kalsium, oksalat, dan fosfor menjadi kehilangan keseimbangan. Makanan tertentu seperti susu, kafein, pemanis buatan, daging, sarden serta minuman berkarbonasi juga dapat meningkatkan pembentukan batu ginjal. Orang yang tidak cukup minum mungkin juga beresiko lebih tinggi. Selain daripada makanan, dibawah ini ada beberapa faktor yang menyebabkan meningkatnya resiko seseorang untuk terkena batu ginjal :

  • Jenis kelamin, karena Laki-laki lebih beresiko terkena batu ginjal daripada wanita.
  • Memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit batu ginjal.
  • Mereka yang berusia 40 tahun keatas lebih beresiko terkena batu ginjal, meskipun batu ginjal dapat terjadi¬†pada usia berapapun.
  • Kurang minum.
  • Makanan yang mengandung protein tinggi, tinggi sodium dan gula dapat meningkatkan resiko batu ginjal.
  • Kelebihan berat badan atau obesitas.

Ciri-ciri Penderita Batu Ginjal

  1. Nyeri saat kencing.
  2. Air kencing berwarna Merah darah atau coklat.
  3. Air kencing berbau busuk.
  4. Sering buang air kecil namun Volume air Kencing menjadi sedikit.
  5. Merasakan rasa Sakit yang hebat di sisi belakang bagian tubuh tepatnya di pinggang.
  6. Nyeri yang menyebar ke perut bagian bawah dan pangkal paha.
  7. Demam dan menggigil jika rasa sakit mulai terasa.
  8. Mual dan muntah.

Bahaya Batu Ginjal

  • Meningkatkan resiko infeksi saluran kemih, atau jika orang tersebut sudah menderita infeksi saluran kemih maka keadaannya akan semakin memburuk.
  • Kerusakan ginjal, jika batu ginjal menghalangi aliran urin untuk keluar dari ginjal dikhawatirkan organ akan menjadi rusak dan terganggu fungsinya. Bagi orang yang ginjalnya sehat, batu ginjal tidak akan menyebabkan kerusakan serius, akan tetapi semua ini hanya akan bertahan selama 2 minggu atau lebih.

Jika anda menderita penyakit batu ginjal, Kami rekomendasikan obat batu ginjal Kidney Care Capsule yang sudah terbukti dan teruji khasiatnya. Legalitas jelas dan didukung dengan banyaknya testimoni dari konsumen yang berhasil sembuh. Untuk Informasi Lebih Lanjut Silahkan KLIK >> Obat Batu Ginjal

Posted By : Solusi Batu Ginjal

Baca Juga

Fakta Tentang Ginjal

Penyebab Penyakit Gagal Ginjal Akut

Manfaat Tiram Untuk Pria

Batu Ginjal, Penyebab, Ciri-Ciri dan Bahaya

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *