Makanan Yang Menyebabkan Batu Ginjal

Makanan Yang Menyebabkan Batu GinjalMakanan Yang Menyebabkan Batu Ginjal – Bagi mereka yang menderita sebuah penyakit yang tergolong berat, tentunya memilih asupan makanan serta diet khusus merupakan suatu kewajiban yang tidak boleh diabaikan. Terutama bagi anda yang memiliki penyakit batu ginjal. Bagaimana tidak ? Karena ginjal merupakan organ penting yang sangat mempengaruhi kondisi kesehatan manusia.

Sebelum membahas makanan apa sajakah yang dapat menyebabkan batu ginjal, alangkah baiknya kita mengetahui dulu macam-macam dari batu ginjal tersebut.

Mengenal Macam-Macam Batu Ginjal 

Jika selama ini anda berfikir kalau batu ginjal itu hanya mempunyai satu macam saja, anda salah besar. Karena batu ginjal juga memiliki macam atau jenis berdasarkan komponen zat yang membentuknya, yaitu :

  1. Batu kalsium

    Adalah jenis yang paling umum dari batu ginjal dan disebabkan oleh dua penyebab utama yaitu kalsium oksalat dan kalsium fosfat. Namun batu kalsium oksalat yang lebih umum terjadi kasusnya. Kalsium pembentukan batu oksalat dapat disebabkan oleh tingginya kadar kalsium dalam tubuh dan tingginya pula ekskresi oksalat. Sedangkan untuk batu kalsium fosfat disebabkan oleh kombinasi antara kalsium urin tinggi dan urin alkali, yang berarti urin memiliki pH tinggi.

  2. Batu asam urat

    Terbentuk ketika asam urat terkonsentrasi dalam urine. Hal ini disebabkan karena tubuh terlalu banyak mengkonsumsi protein hewani seperti daging, ikan, dan kerang. Jika asam urat sudah terkonsentrasi dalam urin, asam uratb tersebut akan mengendap serta membentuk batu dengan sendirinya atau bersama dengan kalsium.

  3. Batu struvitBatu struvit disebabkan oleh saluran kemih yang sudah terinfeksi. Batu ginjal jenis ini dapat memperbesar dengan cepat apabila tidak ditanggapi dengan cepat.
  4. Batu Sistin

    Batu ginjal ini terbentuk akibat ginjal terlalu banyak mengeluarkan asam amino sistin. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh suatu penyakit yang dikenal dengan sistinuria.

    Makanan Yang Menyebabkan Batu Ginjal

  • Kopi

Jenis yang paling umum dari batu ginjal adalah batu yang terbentuk dari kalsium oksalat. Oksalat banyak terkandung dalam minuman berkafein seperti kopi, cola, dan teh. Bukan hanya dalam kopi, tapi makanan seperti coklat, bayam dan kacang juga mengandung banyak oksalat. Mengkonsumsi makanan atau minuman tersebut dalam jumlah yang sangat besar dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Karena itulah mengurangi atau menghindari konsumsi kafein yang berlebihan merupakan hal yang paling mudah untuk dilakukan agar kita senantiasa terhindari atau mengurangi resiko untuk terkena penyakit gagal ginjal.

  • Daging

Makan terlalu banyak protein hewani, seperti daging merah, daging unggas, telur, dan makanan laut akan meningkatkan tingkat asam urat, kerusakan ginjal dan dapat menyebabkan batu ginjal. Protein hewani dapat mendorong pembentukan batu ginjal dan juga kerusakan ginjal. MengKonsumsi makanan yang tinggi protein akan memicu tekanan pada ginjal karena limbah protein sulit untuk dibuang dan akhirnya membentuk batu ginjal.

  • Sarden

Sarden juga menjadi makanan yang dilarang jika Anda memiliki penyakit batu ginjal, Hal ini karena sarden banyak mengandung zat purin yang cukup tinggi. Asupan tinggi purin dapat meningkatkan jumlah asam urat dalam urine.

  • Pemanis Buatan.

Makanan yang banyak mengandung pemanis buatan juga merupakan salah satu faktor terbentuknya batu ginjal, Hal ini dikarenakan makanan ini tidak mengandung kalori sama sekali. Penelitian menunjukan bahwa makanan yang tergolong non-kalori dapat merusak ginjal dan memicu berbagai permasalahan ginjal seperti batu ginjal.

  • Minuman bersoda

minuman berkarbonasi seperti soda ( dengan atau tanpa pemanis buatan ) dan minuman energi dapat pula menjadi pemicu terbentuknya batu ginjal. Sebuah studi 2007 menunjukkan, bahwa minum dua gelas atau lebih minuman berkarbonasi setiap hari dapat meningkatan resiko terkena penyakit batu ginjal serta ginjal kronis.

  • Produk susu

masalah produk susu ini sebenarnya mirip dengan masalah protein hewani tadi. Meskipun susu mempunyai banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh, namun hal itu tidak berlaku bagi mereka yang mempunyai gangguan kesehatan seperti batu ginjal. Studi Cina menunjukkan bahwa mengkonsumsi produk susu meningkatkan ekskresi kalsium dalam urin, yang menyebabkan terhambatnya pembuangan urin sehingga akan menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Tips Untuk Menghindari atau Mengatasi Batu Ginjal

  • Cukup Minum.

Orang-orang yang memiliki batu ginjal harus minum cukup air dan cairan lainnya untuk menghasilkan minimal 2 liter urine sehari. Orang-orang yang memiliki batu sistin mungkin perlu minum lebih banyak. Jumlah cairan yang dieprlukan setiap orang itu berbeda tergantung pada cuaca dan tingkat aktivitasnya. Jika volume urin yang dihasilkan terlalu rendah, maka orang tersebut disarankan untuk meningkatkan asupan cairan. Minum air yang cukup adalah hal yang paling penting bagi seseorang agar dapat mencegah dan terhindar dari batu ginjal.

  • Mengurangi asupan garam.

Sodium yang terkandung dalam garam dapat menyebabkan ginjal mengeluarkan lebih banyak kalsium ke dalam urin. Konsentrasi yang tinggi dari kalsium dalam urin akan bergabung dengan oksalat dan fosfor untuk membentuk batu. Menurut Departemen Pertanian Amerika, asupan yang ideal dari garam adalah sebanyak 2.300 miligram perhari, tetapi nyatanya penduduk amerika rata-rata mengkonsusmi 3.400 mg garam perhari hal ini menyebabkan banyaknya penduduk amerika yang mengidap penyakit batu ginjal. Karena itulah, Departemen Pertanian Amerika menyarankan agar mengurangi konsumsi dari garam agar terhindar dari batu ginjal.

  • Mengurangi asupan protein.

Makanan seperti Daging, telur dan ikan merupakan sumber utama dari protein, protein yang berlebihan nantinya akan terurai menjadi asam urat dalam urine. Orang-orang yang mengidap penyakit batu ginjal harus bisa membatasi konsumsi daging mereka, dan jumlah di rekomendasikan adalah sebanyak 6 ons per hari.

  • Jangan terlalu banyak meminum susu

Susu termasuk salah satu sumber kalsium, dan apabila anda terlalu banyak meminum susu dikhawatirkan nantinya anda akan  menimbun banyak kalsium dalam ginjal dan meningkatkan resiko terbentuknya batu ginjal kalsium.

  • Mengurangi makanan yang mengandung oksalat tinggi

Perlu anda ketahui, bahwa sayuran hijau seperti bayam dan gandum ternyata dapat meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit batu ginjal, karena bayam dan gandum mengandung oksalat yang cukup tinggi. Kandungan  Oksalat yang tinggi dalam tubuh nantinya akan bergabung dengan kalsium untuk membentuk batu kalsium oksalat.

Posted By : Solusi Batu Ginjal

Baca Juga

PENYEBAB PENYAKIT GAGAL GINJAL AKUT

BATU GINJAL, PENYEBAB, CIRI-CIRI DAN BAHAYA

FAKTA TENTANG GINJAL

Makanan Yang Menyebabkan Batu Ginjal

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *