Faktor Resiko Batu Ginjal

Faktor Resiko Batu Ginjal

faktor resiko

Faktor Resiko Batu Ginjal – Batu Ginjal adalah suatu gangguan penyakit yang disebabkan oleh adanya suatu massa keras berbentuk batu. Batu tersebut terbentuk oleh kalsium dan mineral yang mengendap di dalam tubuh serta tidak kunjung juga di keluarkan melalui eskresi berupa air seni.

Penyebab mengendapnya kalsium serta mineral tersebut umumnya di sebabkan oleh pola makan si penderita yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berasal dari produk susu, produk tersebut tentunya mengandung kalsium dalam kadar yang tinggi serta tidak di imbangi dengan asupan nutrisi dari zat makanan yang lain.

Kelebihan kadar kalsium dalam tubuh inilah yang menjadi penyebab utama terbentuknya batu ginjal berjenis Batu Ginjal Kalsium. Batu ginjal kalsium tersebut adalah batu ginjal yang paling sering terjadi kasusnya. Selain karena faktor dari mengkonsumsi produk susu, masih ada lagi yang menjadi Faktor pendukung terjadinya Batu ginjal. Faktor resiko tersebut adalah :

  • Dehidrasi / Kekurangan Cairan

Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, mineral, oksalat dan asam urat tergabung dalam urin dan membentuk sejenis kristal keras dalam ginjal. Dengan minum minimal delapan sampai 12 gelas air setiap hari, anda dapat membantu mencegah kalsium dan mineral ini saling mengikat membentuk satu sama lain.

  • Kelebihan Berat Badan / Obesitas

Obesitas memiliki dampak yang serius dalam pembentukan batu ginjal. Obesitas berhubungan dengan resistensi insulin ( kondisi dimana tubuh menjadi resisten atau menolak / tidak mempan / tidak merespon terhadap insulin, khususnya pada fungsinya untuk menjaga kadar gula darah di dalam tubuh tetap berada pada level yang  normal ) dan hiperinsulinemia ( suatu kondisi pada seseorang dimana pankreas memproduksi insulin dalam jumlah banyak dan secara tidak normal untuk membantu tubuh saat menyerap glukosa dari aliran darah ), ketidak seimbangan metabolik tersebut dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal yang mengandung kalsium.

  • Makanan yang mengandung tinggi Protein dan Garam.

Makan dengan kadar protein yang tinggi seperti yang terkandung dalam daging hewan dapat meningkatkan tingkat asam urat di dalam tubuh, peningkatan tersebut akan menyebabkan kerusakan pada organ ginjal dan dapat memicu terbentuknya batu ginjal. Hal tersebut disebabkan karena sisa-sisa dari limbah protein sangat sulit untuk dibuang dan akhirnya membentuk batu ginjal.

Sedangkan pada kasus garam adalah, apabila kadar Sodium yang terkandung dalam garam di konsumsi secara berlebih, maka akan menyebabkan ginjal mengeluarkan lebih banyak kalsium ke dalam urin. Konsentrasi yang tinggi dari kalsium dalam urin akan mengikat oksalat dan fosfor untuk membentuk batu.

  • Hyperparathyroidism

Adalah kondisi dimana produksi hormon paratiroid dalam darah yang berlebih. Hiperparatiroidisme dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :
– Primary hyperparathyroidism.
Adalah pembesaran hormon paratiroid akibat dari produksi hormone berlebih sehingga kadar kalsium dalam darah meningkat atau hypercalcemia.
– Secondary hyperparathyroidism.
Adalah kondisi kurangnya kadar kalsium dalam darah.

Kondisi Hyperparathyroidism ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah gagal ginjal. Orang yang sudah mengidap penyakit ini akan mengalami gejala berupa batu ginjal.

  • Penyakit pada saluran pencernaan.

Penyakit pada saluran pencernaan seperti peradangan pada usus atau diare kronis dapat menyebabkan perubahan dalam proses pencernaan yang mempengaruhi penyerapan kalsium dan air yang ujungnya akan meningkatkan kadar zat pembentuk batu ginjal dalam urin Anda.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan kepada anda, semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Jika anda menderita penyakit batu ginjal, Kami rekomendasikan obat batu ginjal QNC JELLY GAMAT yang sudah terbukti dan teruji khasiatnya. Legalitas jelas dan didukung dengan banyaknya testimoni dari konsumen yang berhasil sembuh. Untuk Informasi Lebih Lanjut Silahkan KLIK >> Obat Batu Ginjal

Posted By : OBAT BATU GINJAL TANPA OPERASI

Baca Juga

Makanan Yang Menyebabkan Batu Ginjal

Batu Ginjal, Penyebab, Ciri-Ciri dan Bahaya

Fakta Tentang Ginjal

Faktor Resiko Batu Ginjal

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *