6 Macam Gangguan Dan Penyakit Pada Ginjal

6 Macam Gangguan Dan Penyakit Pada Ginjal

6 Macam Gangguan Dan Penyakit Pada Ginjal

Macam Gangguan Dan Penyakit Pada Ginjal -, Ginjal merupakan sepasang organ yang sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Mengapa ginjal sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita?

Karena fungsi ginjal membantu menyaring darah, membentuk urine, menjaga keseimbangan air dalam tubuh, mempertahankan keseimbangan kadar asam basa, mengatur kalium di dalam darah, mengekskresikan zat-zat yang merugikan bagi tubuh, memproses ulang zat, mengatur volume cairan dalam darah, mengatur keseimbangan kandungan kimia di dalam darah, mengendalikan kadar gula dalam darah, menjaga pH darah dan penghasil zat dan hormon.

Jelas dengan begitu ginjal sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita.

Namun, fungsi ginjal tidak selamanya berjalan mulus, ada juga macam-macam gangguan dan juga penyakit yang dapat menyerang pada ginjal. Setiap ginjal mengandung sekitar satu juta unit yang disebut nefron, yang masing-masing adalah filter mikroskopis darah. Hal ini mungkin dapat kehilangan sebanyak 90% dari fungsi ginjal tanpa mengalami gejala atau masalah.

Namun, ada juga beberapa gejala atau tanda-tanda bahwa Anda mungkin menderita penyakit ginjal, diantaranya : Kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, kesulitan tidur, nafsu makan yang buruk, kram pada otot, bengkak kaki atau pergelangan kaki, bengkak di sekitar mata di pagi hari, kulit kering atau bersisik.

Selain beberapa gejala tersebut, gangguan pada ginjal juga sering menimbulkan beberapa gejala lain seperti : sering buang air kecil terutama pada malam hari, mual dan muntah, kehilangan selera makan, perubahan dalam output urin, retensi cairan, anemia (penurunan sel darah merah), penurunan gairah seks, tiba-tiba naik di tingkat kalium (hiperkalemia) dan peradangan perikardium (kantung berisi cairan yang menutupi jantung).

Gangguan dan juga penyakit pada ginjal dapat menyerang kapan saja, bahkan dapat menyerang tanpa memberikan gejala ataupun penyebab. Berbagai penyakit dapat menyerang pada ginjal secara tiba-tiba, apa saja penyakit yang dapat menyerang pada ginjal? Berikut Ini 6 Macam Gangguan Dan Penyakit Pada Ginjal, Diantaranya :

1. BATU GINJAL

6 Macam Gangguan Dan Penyakit Pada Ginjal

Batu ginjal merupakan salah satu gangguan dan juga penyakit pada ginjal. Batu ginjal terbuat dari kristal, batu ginjal dapat berkembang di mana saja di sepanjang saluran kemih Anda. Saluran kemih yang termasuk ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra.

Batu ginjal dapat mengacu deposit padat yang terjadi pada sistem kemih. Membentuk dalam ginjal, dari zat yang ditemukan dalam air seni. Batu mungkin tetap di ginjal atau bergerak melalui saluran kemih. Jika batu itu kecil mungkin keluar dari tubuh tanpa menyebabkan banyak rasa sakit.

Namun, jika lebih besar dalam ukuran, itu bisa bersarang di ureter, kandung kemih atau uretra. Dalam kasus ini, batu ginjal bisa sangat menyakitkan dan juga menghalangi aliran urin. Pengobatan tergantung pada jenis batu ginjal. Obat dan diet perubahan sering digunakan untuk mencegah batu ginjal. ( Pengobatan Batu Ginjal Tanpa Operasi )

2. HEMATURIA

6 Macam Gangguan Dan Penyakit Pada Ginjal

Hematuria merupakan kehadiran sel-sel darah merah dalam urin. Jika ada cukup sel darah merah, urin bisa menjadi berwarna merah, merah muda atau coklat. Seringkali, urin muncul sepenuhnya normal karena tidak ada cukup darah untuk menyebabkan perubahan warna atau yang sering disebut sebagai hematuria. Sejumlah kecil protein diekskresikan dalam urin (proteinuria) atau darah diekskresikan dalam urin (hematuria) kadang-kadang ditemukan pada orang tanpa gejala saat tes urine dilakukan untuk beberapa tujuan rutin. ( Penyebab Hematuria Pada Batu Ginjal )

3. GAGAL GINJAL

6 Macam Gangguan Dan Penyakit Pada Ginjal

Gagal ginjal akut dapat terjadi ketika ginjal tiba-tiba kehilangan kemampuan untuk menghilangkan kelebihan garam, cairan, dan bahan limbah dari darah. Eliminasi ini adalah inti dari fungsi utama ginjal. Cairan tubuh bisa naik ke tingkat berbahaya ketika ginjal kehilangan kemampuan filtering mereka. Kondisi ini juga akan menyebabkan elektrolit dan bahan limbah menumpuk dalam tubuh Anda yang juga dapat mengancam jiwa.

Gagal ginjal akut juga disebut cedera ginjal akut atau gagal ginjal akut. Ini biasa terjadi pada orang yang sudah di rumah sakit. Gagal ginjal akut dapat berkembang pesat selama beberapa jam. Hal ini juga dapat mengembangkan selama beberapa hari sampai minggu. Orang yang sakit kritis dan perlu perawatan intensif memiliki risiko tertinggi mengembangkan gagal ginjal. Penyakit gagal ginjal akut dapat mengancam jiwa dan membutuhkan perawatan intensif. ( Pengobatan Gagal Ginjal Akut )

4. INFEKSI SALURAN KEMIH (ISK)

6 Macam Gangguan Dan Penyakit Pada Ginjal

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi di bagian manapun dari sistem kemih Anda. Entah itu di bagian ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra. Kebanyakan infeksi melibatkan saluran kemih bawah, kandung kemih dan uretra. Perempuan beresiko lebih besar terkena ISK dibandingkan pria. Infeksi pada kandung kemih dan penyakit ISK ini bisa mengganggu dan juga menyebabkan rasa sakit. Namun, konsekuensi serius dapat terjadi jika UTI menyebar ke ginjal. ( Obat Tradisional Untuk Mengatasi Infeksi Ginjal )

5. UREMIA

6 Macam Gangguan Dan Penyakit Pada Ginjal

Uremia adalah sindrom klinis yang terkait dengan ketidakseimbangan cairan, elektrolit, dan hormon dan kelainan metabolik, yang berkembang secara paralel dengan penurunan fungsi ginjal. Uremia secara harfiah berarti urin dalam darah, untuk menggambarkan kondisi klinis yang terkait dengan gagal ginjal. Uremia lebih umum berkembang dengan penyakit ginjal kronis (CKD), terutama pada tahap selanjutnya, CKD, tetapi juga dapat terjadi dengan cedera ginjal akut.

Komplikasi dari uremia ini jika tidak diobati, dapat menimbulkan komplikasi seperti : kejang, koma, serangan jantung, bahkan dapat menyebabkan kematian. Pendarahan spontan dapat terjadi dengan uremia berat dan mungkin termasuk gastrointestinal (GI) pendarahan, hematoma subdural spontan, peningkatan pendarahan dari gangguan yang mendasarinya atau perdarahan yang berhubungan dengan trauma.

6. GLOMERULONEFRITIS

6 Macam Gangguan Dan Penyakit Pada Ginjal

Glomerulonefritis merupakan sekelompok penyakit yang melukai bagian dari ginjal yang menyaring darah (disebut glomeruli). Istilah lain dari penyakit ini yang mungkin Anda dengar adalah nefritis dan sindrom nefrotik. Ketika ginjal terluka, itu tidak bisa menyingkirkan limbah dan cairan ekstra dalam tubuh. Jika penyakit berlanjut, ginjal mungkin berhenti bekerja sepenuhnya, mengakibatkan gagal ginjal. Glomerulonefritis merupakan penyakit serius yang dapat mengancam jiwa dan penyakit ini membutuhkan perawatan segera. Kondisi ini kadang-kadang disebut nephritis.

Itulah 6 Macam Gangguan Dan Penyakit Pada Ginjal Yang Wajib Anda Waspadai !!!

Jangan biarkan kesehatan ginjal Anda terganggu. Maka dari itu, jaga dan sayangi kesehatan ginjal Anda. Jika Anda ingin mencari suplemen yang mampu menjaga kesehatan fungsi ginjal, kami rekomendasikan obat herbal yang mampu membantu menjaga sekaligus menyembuhkan berbagai penyakit pada ginjal.

Obat herbal  QNC JELLY GAMAT yang kami rekomendasikan telah mendapatkan legalitas yang jelas dan juga telah mendapatkan izin dari BPOM. Qnc jelly gamat membantu berbagai macam keluhan pada masyarakat banyak dalam mengatasi keluhan pada ginjal. Ratusan konsumen kami telah merasakan khasiat dan juga keampuhan dari obat herbal qnc jelly gamat ini. Untuk Anda yang ingin menjaga kesehatan fungsi ginjal dan untuk Anda yang ingin melihat bukti nyata dari konsumen kami silahkan KLIK >> Obat Penguat Fungsi Ginjal

Post By : Obat Herbal Batu Ginjal

BACA JUGA :

6 Macam Gangguan Dan Penyakit Pada Ginjal

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *