Definisi Dan Fungsi Korteks Pada Ginjal

Definisi Dan Fungsi Korteks Pada Ginjal

Definisi Dan Fungsi Korteks Pada Ginjal

Definisi Dan Fungsi Korteks Pada Ginjal -, Tahukah Anda? bahwa organ ginjal terdapat banyak bagian-bagiannya dan juga memiliki fungsinya masing-masing. Lalu, apakah Anda mengetahui apa itu korteks dan apa fungsi dari kortesks?

Ginjal merupakan organ ekskresi yang membantu memurnikan darah dan juga membuang racun dari dalam tubuh. Mereka ditempatkan di belakang rongga perut. Ginjal adalah sistem filtrasi atau bantuan dalam fungsi sistem kemih dan organ utama yang terlibat dalam kelangsungan homeostasis cairan. Setiap ginjal dibagi menjadi bagian eksternal yang disebut sebagai korteks ginjal dan bagian internal disebut sebagai medulla. Fungsi utama dari korteks ginjal adalah untuk menyaring darah dan membuang zat-zat yang tidak diinginkan dari tubuh. Tugas ini dilakukan dengan bantuan nefron dan glomeruli yang bertempat di korteks ginjal.

Apa itu korteks ginjal?

Korteks ginjal adalah lapisan sekunder ginjal. Hal ini cenderung lebih tebal dari kebanyakan jaringan dalam organ, dan dalam banyak hal lainnya berfungsi untuk melindungi organ dan tetap terisolasi. Korteks mengandung sebagian besar nefron, yang merupakan unit fungsional dasar dari ginjal, serta pembuluh darah.

Sejumlah tubulus ginjal juga dapat ditemukan di sini. Korteks pada dasarnya bertindak sebagai jangkar bagi banyak lorong-lorong yang berbeda dalam ginjal yang memungkinkan untuk organ berfungsi. Fungsi ginjal yang tepat merupakan hal yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan, yang membuat bagian dari organ ini sangat penting. Tanpa itu, sistem dan proses akan menjadi jauh lebih rapuh dan berpotensi tidak stabil. Akibatnya, masalah dengan korteks atau kelemahan dimana saja di permukaannya dapat menyebabkan sejumlah kondisi medis yang berpotensi mengancam nyawa.

Setiap bagian dari ginjal berkontribusi pada penghapusan limbah dan pembentukan urin dalam tubuh, dan korteks tidak terkecuali. Pembuluh darah memberikan darah dari tubuh ke arah ginjal, dan darah melewati korteks ginjal, glomerulus menyaring untuk mengeluarkan produk sampah sebelum kembali darah ke sirkulasi.

Filtrat mengandung produk limbah kemudian melewati bagian dari tubulus ginjal, dimana reabsorpsi dan sekresi zat penting terjadi. Bagian dari tubulus ginjal ditemukan di korteks adalah tubulus proksimal, tubulus berbelit-belit distal, dan bagian dari saluran pengumpul, sedangkan medulla ginjal mengandung Loop of Henle. Urine, produk akhir, kemudian melewati ureter ke kandung kemih untuk ekskresi.

Baca Juga : Fungsi Organ Ginjal

Korteks ginjal melakukan beberapa fungsi yang sangat penting dari bagian ginjal, diantaranya :

  • Korteks ginjal menyaring cairan plasma
  • Korteks ginjal menembus di antara dua ginjal yang disebut sebagai kolom ginjal, sehingga bertindak sebagai dukungan untuk pembuluh darah
  • Korteks ginjal aktif mengambil partisipasi dalam metabolisme ginjal dengan menciptakan amonia untuk titrasi urin keasaman dan dengan demikian membantu dalam asam basa regulasi
  • Cortex sangat terlibat dalam regulasi limbah metabolik seperti asam urat, urea dan kreatinin. Hal ini juga membantu dalam ekskresi urin diencerkan atau terkonsentrasi yang sangat penting untuk menjaga volume darah

Itulah Fungsi Korteks Pada Ginjal Yang Wajib Anda Ketahui 🙂

Itulah sedikit pengertian mengenai korteks dan juga fungsinya pada ginjal, setiap bagian dari ginjal memang memiliki fungsinya masing-masing dan hal itu yang dapat membantu organ ginjal bekerja. Jika tanpa korteks mungkin ginjal dapat rusak atau tidak dapat bekerja secara oftimal. Maka dari itu, sebaiknya Anda menjaga ginjal Anda agar tetap sehat dan ginjal dapat melakukan fungsinya dengan baik.

Jika diantara Anda ada yang mengalami keluhan pada permasalahan ginjal, ataupun ada keluhan pada fungsi ginjal sebaiknya segera lakukan pengobatan yang tepat untuk mencegah terjadinya penyakit serius yang dapat menyerang pada ginjal. Banyak penyakit yang dapat menyerang pada ginjal dan tanpa kita sadari mungkin penyakit tersebut sudah berkembang dalam ginjal Anda. Maka dari itu, kami rekomendasikan obat penguat fungsi ginjal yang dapat membantu Anda dalam mencegah berbagai penyakit yang dapat menyerang tubuh Anda.

Kidney care capsule obat herbal yang kami rekomendasikan merupakan solusi yang tepat untuk menjaga kesehatan pada fungsi ginjal. Selain untuk menjaga kesehatan pada ginjal, obat herbal kidney care capsule for man and women juga dapat membantu Anda dalam mengatasi berbagai keluhan yang menyerang tubuh.

Kidney care capsule ini memang direkomendasikan dan diracik khusus untuk mengatasi berbagai penyakit pada ginjal, selain itu juga kidney care capsule ini telah mendapatkan legalitas yang jelas dan juga izin dari BPOM. Untuk informasi lebih lengkap mengenai obat penguat fungsi ginjal, silahkan KLIK >> Obat Penguat Fungsi Ginjal

Post By : Obat Batu Ginjal Herbal

BACA JUGA : 

Definisi Dan Fungsi Korteks Pada Ginjal

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *