Definisi Dan Pengertian Hidronefrosis

Definisi Dan Pengertian Hidronefrosis

Selamat datang di website www.solusibatuginjal.com yang merupakan website resmi yang dapat membantu Anda khusus dalam mengatasi dan juga menyembuhkan permasalahan permasalahan pada ginjal. Kami merupakat PUSAT DISTRIBUTOR RESMI yang memberikan pelayanan terbaik dengan sistem “BARANG SAMPAI BARU BAYAR” (Syarat Dan Ketentuan Berlaku).

Definisi Dan Pengertian Hidronefrosis

Definisi Dan Pengertian Hidronefrosis -, Apa itu hidronefrosis? Hidronefrosis merupakan pembengkakan pada ginjal ketika aliran urin terhambat dalam setiap bagian dari saluran kemih. Pembengkakan ureter, yang selalu menyertai hidronefrosis disebut hidroureter. Hidronefrosis menyiratkan bahwa ureter dan pelvis renalis (sambungan ureter ke ginjal) yang terlalu penuh dengan air kencing.

Hidronefrosis adalah suatu kondisi yang biasanya terjadi ketika ginjal membengkak karena kegagalan drainase normal urin dari ginjal ke kandung kemih. Pembengkakan ini paling sering mempengaruhi hanya satu ginjal, tetapi dapat melibatkan kedua ginjal.

Hidronefrosis bukanlah penyakit utama. Ini merupakan kondisi sekunder yang dihasilkan dari beberapa penyakit yang mendasari. Ini adalah kondisi struktural hasil dari penyumbatan atau obstruksi pada saluran kemih. Hidronefrosis dapat mempengaruhi sekitar satu dari setiap 100 bayi.

Apa saja gejala hidronefrosis?

Biasanya, urin mengalir melalui saluran kemih dengan tekanan minimal. Tekanan dapat membangun jika ada obstruksi pada saluran kemih. Setelah urine membangun untuk jangka, ginjal Anda dapat memperbesar. ginjal Anda mungkin menjadi begitu membesar dengan urine yang mulai menekan pada organ terdekat. Jika itu dibiarkan dan tidak diobati, tekanan ini dapat menyebabkan ginjal kehilangan fungsi secara permanen.

Lamanya waktu yang Anda miliki obstruksi mempengaruhi gejala Anda. Gejala ringan dari hidronefrosis termasuk buang air kecil lebih sering dan peningkatan dorongan untuk buang air kecil. Gejala parah yang mungkin Anda alami, diantaranya adalah:

  • Mual
  • Muntah
  • Demam
  • Kencing sedikit
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Nyeri di perut atau panggul

Jika aliran urin Anda terganggu, hal tersebut dapat meningkatkan peluang Anda untuk terkena infeksi saluran kemih (ISK). Inilah sebabnya mengapa UTI adalah salah satu komplikasi yang paling umum dari hidronefrosis.

BACA JUGA :

Apa yang menyebabkan hidronefrosis?

Hidronefrosis dapat disebabkan oleh kondisi internal dan eksternal yang mempengaruhi ginjal dan sistem pengumpulan kemih. Salah satu yang paling umum dari penyebab hidronefrosis akut uropati obstruktif unilateral ini merupakan pengembangan tiba-tiba obstruksi di salah satu ureter Anda, yang merupakan tabung yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih Anda.

Penyebab paling umum untuk penyumbatan ini adalah batu ginjal, tapi jaringan parut dan pembekuan darah juga dapat menyebabkan obstruktif uropati unilateral akut. Sebuah ureter diblokir dapat menyebabkan urin untuk kembali naik ke ginjal, yang menyebabkan pembengkakan. Arus balik ini dikenal sebagai refluks vesicoureteric (VUR).

Beberapa penyebab utama dari hidronefrosis pada orang dewasa dapat meliputi :

  • Batu ginjal → Batu-batu kecil yang terbentuk di ginjal yang kadang-kadang dapat melakukan perjalanan keluar dari ginjal dan memblokir ureter.
  • Benign prostatic hyperplasia → Pembengkakan non-kanker dari kelenjar prostat pada pria.
  • Kehamilan → Selama kehamilan rahim yang membesar (uterus) kadang-kadang dapat menempatkan tekanan pada ureter.
  • Penyempitan ureter → Hal ini dapat terjadi sebagai akibat dari cedera pada ureter, infeksi atau pembedahan.
  • Prolaps organ panggul → Satu atau lebih dari organ panggul tonjolan ke dalam vagina
  • Neurogenik kandung kemih → Kerusakan pada saraf yang mengendalikan kandung kemih.
  • Kanker dalam atau di sekitar saluran kemih → Seperti kanker kandung kemih, kanker ginjal, kanker prostat, kanker serviks, kanker ovarium atau kanker rahim.

Penyebab hidronefrosis pada bayi dapat disebabkan oleh :

  • Penyumbatan atau penyempitan pada saluran kemih → Hal ini kadang-kadang disebabkan oleh pertumbuhan jaringan yang berlebihan, tetapi sering terjadi penyebab yang tidak jelas.
  • Vesicoureteral refluks → Dimana katup yang mengontrol aliran urin antara kandung kemih dan ureter tidak berfungsi dengan baik, sehingga urine mengalir kembali ke ginjal.

# Jika penyakit hidronefrosis tidak diobati, tekanan dapat meningkat dalam ginjal dapat menurunkan kemampuan ginjal untuk menyaring darah, menghilangkan produk-produk limbah, dan membuat urine serta mengatur elektrolit dalam tubuh. Hidronefrosis dapat menyebabkan infeksi ginjal, dan dalam beberapa kasus dapat berpengaruh pada fungsi ginjal dan juga dapat menyebabkan kematian.

Itulah Definisi Dan Pengertian Hidronefrosis, Semoga Bermanfaat 🙂

Untuk Anda yang memiliki permasalahan pada organ ginjal, jangan sampai Anda membiarkan penyakit ginjal bersarang dalam tubuh Anda. Jika Anda menderita penyakit hidronefrosis segera atasi penyakit tersebut dengan obat herbal Qnc Jelly Gamat. Obat herbal yang kami rekomendasikan sudah terbukti dan teruji khasiatnya. Legalitas jelas dan didukung dengan banyaknya testimoni dari konsumen yang berhasil sembuh. Untuk informasi lebih lengkap silahkan KLIK >> QNC JELLY GAMAT

Post By : Obat Batu Ginjal

BACA JUGA :

Definisi Dan Pengertian Hidronefrosis

 Jika Anda menyukai informasi kesehatan kami, Atau Anda ingin mengetahui mengenai artikel kesehatan lainnya, silahkan bergabung dengan kami di Twitter, Facebook Dan Google+

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *