Apakah Penyakit Kencing Batu Bisa Menular?

Apakah Penyakit Kencing Batu Bisa Menular?

.Selamat datang di website resmi www.solusibatuginjal.com yang merupakan pusat penjual obat herbal terlaris, terbaik dan juga terpercaya. Kali ini kami akan membahas mengenai apakah penyakit kencing batu bisa menular.. Baca Selengkapnya dibawah ini ⇓⇓⇓

Apakah Penyakit Kencing Batu Bisa Menular?

Apakah Penyakit Kencing Batu Bisa Menular? Batu ginjal atau kencing batu adalah suatu benjolan menyerupai batu yang terbentuk dan juga terdapat pada ginjal, saluran kandung kemih, saluran kencing bawah (urethra) dan kencing atas (ureter). Batu ginjal adalah gumpalan kecil dan keras yang terbentuk di dalam ginjal Anda.

Batu ginjal terbentuk dari mineral dan asam garam. Batu ginjal dapat disebabkan oleh berbagai hal. Pada skenario yang umum, batu ginjal terbentuk ketika urin berkonsentrasi, mineral mengkristal dan menggumpal.

Sakit batu ginjal biasanya dimulai pada sisi tubuh atau punggung, di bawah pinggul serta bergerak ke perut bagian bawah dan pangkal paha. Rasa nyeri berubah seiring dengan pergerakan batu ginjal pada saluran urin.

Batu ginjal biasanya tidak menyebabkan kerusakan permanen. Pengobatan rasa sakit dan minum banyak air merupakan bagian dari pengobatan yang sering dibutuhkan. Bagaimanapun, pengobatan dapat membantu mencegah terbentuknya batu ginjal pada mereka dengan peningkatan risiko.

Gejala Penyakit Batu Ginjal

Gejala dari kencing batu sendiri tergantung dari dimana letak batu ginjal tersebut menyumbat. Batu ginjal akan memberikan gejala jika batu tersebut menyumbat salah satu saluran yang ada diatas atau yang menyentuh dinding organ.

Batu ginjal dapat ataupun tidak menyebabkan tanda dan gejala sampai batu tersebut bergerak di dalam ureter pipa yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih. Pada satu titik, tanda dan gejala yang dapat terjadi adalah :

  • Mual dan muntah
  • Sering buang air kecil
  • Nyeri pada saat buang air kecil
  • Urin berwarna pink, merah atau coklat
  • Demam dan menggigil saat infeksi terjadi
  • Nyeri yang menyebar ke bagian bawah tubuh dan pangkal paha
  • Nyeri yang parah pada sisi tubuh atau punggung, di bawah pinggul

Penyebab & Faktor Risiko

1. Penyebab

Batu ginjal sering tidak terdefinisikan dengan satu penyebab. Beberapa faktor yang sering berkombinasi, membuat kondisi dimana seseorang rentan mengalami batu ginjal.

2. Faktor risiko

Faktor risiko yang dapat meningkatkan batu ginjal terjadi antara lain :

  • Obesitas
  • Dehidrasi
  • Laki-laki lebih cenderung mengalami batu ginjal
  • Memiliki penyakit atau operasi pada saluran pencernaan
  • Memiliki seseorang dalam keluarga dengan kasus batu ginjal
  • Mereka yang berusia 40 tahun keatas, meskipun batu ginjal dapat terjadi pada usia berapapun
  • Makanan tertentu yang tinggi protein, tinggi sodium dan gula dapat meningkatkan risiko beberapa jenis batu ginjal
  • Kondisi medis lain, antara lain renal tubular acidosis, cystinuria, hyperparathyroidism dan infeksi saluran urin tertentu.

Jenis-jenis batu ginjal dan cara pencegahan

Penyakit batu ginjal memiliki beberapa jenis berdasarkan sumber pembentuknya.

♥ Batu kalsium

Banyak batu ginjal adalah batu kalsium yang biasanya berbentuk kalsium oxalate. Kadar oxalate yang tinggi dapat ditemukan pada beberapa buah dan sayuran, kacang dan coklat. Hati anda juga menghasilkan oxalate. Makanan, vitamin D dosis tinggi, operasi saluran pencernaan dan beberapa kelainan metabolisme dapat meningkatkan konsentrasi kalsium atau oxalate pada urin. Batu kalsium juga dapat terjadi dalam bentuk kalsium fosfat.

♥ Batu struvite

Batu struvite terbentuk sebagai respon terhadap infeksi, seperti infeksi saluran urin. Batu struvite dapat berkembang dengan cepat dan menjadi cukup besar.

♥ Batu uric acid

Ini terbentuk pada mereka yang mengalami dehidrasi, mereka yang makan makanan tinggi protein dan mereka yang memiliki encok. Faktor genetik tertentu dan kelainan pada jaringan penghasil darah juga dapat membuat anda cenderung mengalami batu uric acid.

♥ Batu cystine

Batu ginjal jenis ini memiliki kasus yang sedikit. Batu ini terbentuk pada mereka yang memiliki kelainan secara turun temurun yang menyebabkan ginjal menghasilkan asam amino (cystinuria) tertentu dalam jumlah banyak.

♥ Batu lainnya

Kasus batu ginjal langka lainnya juga dapat terjadi.



Pencegahan Penyakit Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal bisa dicegah dengan membiasakan diri mempraktekan pola hidup sehat. Lebih jelasnya seperti di bawah ini :

  • Perubahan gaya hidup
  • Minum cukup air setiap hari
  • Memilih makanan yang rendah garam dan protein hewani
  • Makan lebih sedikit makanan kaya oxalate, seperti bayam, ubi, teh, cokelat dan produk kedelai
  • Makan makanan kaya kalsium, akan tetapi membatasi penggunaan suplemen kalsium

Kami menyediakan obat yang bantu meringankan penyakit batu ginjal yang sedang Anda derita.

Apabila Anda mengalami permasalahan pada penyakit kencing batu, kami rekomendasikan obat herbal yang mampu membantu mengatasi permasalahan kencing batu.

Obat herbal yang kami rekomendasikan telah mendapatkan legalitas yang jelas. Jelly Gamat QnC telah mendapat legalitas DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan bersertifikat HALAL MUI. QNC JELLY GAMAT juga telah mendapatkan izin dari BPOM, dengan NO POM TR 173301471.

Obat herbal yang kami rekomendasikan sudah terbukti dan teruji khasiatnya. Legalitas jelas dan didukung dengan banyaknya testimoni dari konsumen yang berhasil sembuh. Untuk Informasi Lebih Lengkap Silahkan KLIK >> Obat Kencing Batu

Post By : Obat Batu Ginjal Tanpa Operasi

BACA JUGA :

Apakah Penyakit Kencing Batu Bisa Menular?

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *