Benarkah Kelebihan Kalsium Menyebabkan Batu Ginjal?

Benarkah Kelebihan Kalsium Menyebabkan Batu Ginjal?

Benarkah Kelebihan Kalsium Menyebabkan Batu Ginjal?

Kelebihan Kalsium Menyebabkan Batu Ginjal? Kalsium merupakan salah satu jenis mineral yang memegang peran penting bagi tubuh. Penggunaan kalsium juga sangat dibutuhkan dalam sistem saraf, jantung, dan organ lainnya. Jenis mineral (kalsium) ini bisa kita temukan di dalam makanan yang mengandung kalsium dalam berbagai prodak sayuran dan juga pada buah-buahan. Seperti : Susu, jeruk, brokoli, ikan, kedelai, dan masih banyak yang lainnya.

Akan tetapi, benarkah bahwa kelebihan kalsium dapat menyebabkan penyakit batu ginjal?

Kondisi dimana kalsium darah di atas normal disebut hiperkalsemia. Hiperkalsemia yang masih ringan mungkin tidak menunjukan tanda-tanda yang khusus pada tubuh. Sementara, untuk penderita hiperkalsemia yang sudah parah, tanda-tanda yang terlihat diantaranya ialah mual, muntah dan juga konstipasi. Tanda lainnya juga ialah irama jantung yang tidak normal, peningkatan kadar kalsium yang akut dapat menyebabkan implus elektrik menjadi abnormal. Penderita hiperkalsemia yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan penyakit batu ginjal. Karena kristal kalsium fosfat mengendap dalam ginjal yang berakibat pada kerusakan ginjal.

Kebanyakan batu ginjal merupakan batu kalsium, biasanya dalam bentuk kalsium oksalat. Oksalat merupakan zat alami yang ditemukan di dalam makanan. Beberapa buah-buahan, sayuran serta kacang-kacangan dan juga cokelat memiliki tingkat oxalate yang tinggi. Hati juga memproduksi oksalat. Faktor makanan dalam dosis yang tinggi dapat meningkatkan konsentrasi kalsium atau oksalat di dalam urin. Batu kalsium juga dapat terjadi dalam bentuk kalsium fosfat.

BACA JUGA : 

Banyak yang mempertanyakan, apakah mengurangi asupan kalsium dapat mengurangi pembentukan batu ginjal? Terlepas dari kenyataan, bahwa kalsium merupakan komponen utama dari 75% batu. Asupan kalsium yang berlebihan sangat jarang menjadi penyebab utama terjadinya penyakit batu ginjal. Akan tetapi, beberapa penelitian menunjukan bahwa membatasi asupan kalsium mengurangi resiko terjadinya pembentukan batu yang sebenarnya dapat meningkatkan jumlah batu yang di kembangkan. Hal ini tampaknya terjadi karena apabila kurang kalsium, menjadi lebih mudah untuk oksalat (yang biasanya mengikat dengan kalsium dalam usus) untuk diserap. tingkat yang lebih tinggi oksalat dalam urin kemudian menyebabkan peningkatan risiko batu.

Itulah Sedikit Artikel Mengenai Kelebihan Kalsium Dapat Menyebabkan Batu Ginjal. Semoga Bermanfaat 🙂

Untuk itu, ada baiknya Anda mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Akan tetapi, jika Anda menderita penyakit batu ginjal dan sudah berobat kemana-mana namun belum kunjung sembuh, kami rekomendasikan obat herbal QNC JELLY GAMAT. Obat Herbal qnc jelly gamat yang kami rekomendasikan telah mendapatkan legalitas yang jelas dan telah mendapatkan izin dari BPOM.

Serta telah banyak kesaksian dari konsumen kami yang berhasil sembuh setelah mengkonsumsi obat herbal qnc jelly gamat tanpa harus operasi batu ginjal. Untuk Informasi Lebih Lengkap Mengenai Obat Herbal Qnc Jelly Gamat Untuk Mengatasi Batu Ginjal, Silahkan KLIK >> OBAT BATU GINJAL

Post By : Pengobatan Batu Ginjal Tanpa Operasi

BACA JUGA : 

Benarkah Kelebihan Kalsium Menyebabkan Batu Ginjal?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *